Profesi Lain Yang Bisa Bekerja Di Dunia Kesehatan Selain Dokter

Siapa yang bercita-cita menjadi dokter? Jika Anda salah satunya, harus diakui profesi ini menjadi pilihan yang sangat populer, terutama bagi Anda yang ingin membantu sesama. Namun kenyataannya dalam dunia medis, bukan hanya profesi medis yang memiliki keistimewaan tersebut,. Perusahaan kesehatan seperti herbal extract supplier, Dokter gigi, Rumah sakit dan sebagainya masih membutuhkan keahlian agar perusahaan mereka berjalan dengan lancar. Dengan kata lain juga masih banyak keterampilan lain yang dibutuhkan untuk saling mendukung.

Read More

Berikut adalah profesi lain di bidang medis yang bisa Anda kejar.

1. Perawat

Perawat sangat dibutuhkan sebagai pendamping dokter. Mereka bertanggung jawab untuk merawat pasien sampai mereka dan diizinkan pulang. Perawat juga bertanggung jawab untuk membantu dokter saat memeriksa pasien. Perawat bekerja di poliklinik rawat jalan dan pasien rawat inap di unit gawat darurat. Jika Anda ingin menjadi perawat, Anda harus menyelesaikan sekitar 3 hingga 4 tahun pelatihan untuk menjadi perawat profesional. Tetapi jika Anda ingin melanjutkan ke spesialisasi, Anda harus memiliki gelar master dan memiliki pelatihan khusus di bidang keperawatan. Beberapa pilihan termasuk dokter anak, ahli bedah saraf, psikiater untuk operasi.

 2. Apoteker

Apoteker cocok untuk kamu yang tertarik dengan dunia kedokteran. Selain itu, profesi ini penting karena berkaitan dengan proses pengobatan pasien. Adalah tanggung jawab apoteker untuk menyiapkan obat untuk pasien, yang diminum sesuai dengan dosis yang ditentukan oleh dokter. Jika Anda ingin menjadi seorang apoteker, Anda memerlukan empat tahun pelatihan kefarmasian dan satu tahun pelatihan kefarmasian.

 3. Ahli Gizi

Profesi lain yang tidak kalah penting dalam kerangka ilmu kedokteran dan kesehatan adalah ahli gizi. Mereka bertanggung jawab untuk melakukan penelitian seputar gizi yang nanti akan digunakan untuk pencegahan dan pengobatan penyakit melalui forum konsultasi dan pemeriksaan. Untuk menjadi ahli di bidangnya, disarankan untuk menjalani pelatihan gizi seperti jenjang D3 dan S1.

 4. Bidan

Bidan memiliki keterampilan formal untuk mendukung persalinan, termasuk kesehatan reproduksi wanita. Selain itu, peran bidan juga sangat membantu kegiatan dokter kandungan dalam menangani proses persalinan. Namun, bagi masyarakat yang tinggal di pedesaan, peran bidan sangat penting, bahkan setara dengan dokter.

 5. Spesialis Laboratorium Klinik dan Medis

Tujuan dari profesi ini adalah untuk memberikan pelayanan berupa pemeriksaan, pengukuran, identifikasi dan pengujian bahan asal manusia seperti cairan, tubuh, darah, urin atau sumsum tulang belakang, atau untuk melakukan riset. untuk menentukan jenis penyakit, penyebabnya, kondisi kesehatan, atau faktor lain yang mempengaruhi kesehatan individu.

Itu dia 5 profesi yang bisa kamu kejar apabila ingin bekerja di dunia medis selain dokter. Tidak hanya di rumah sakit atau apotek saja, beberapa perusahaan seperti susu formula, perusahaan supplement dan lain sebagainya juga memiliki talent acquisition yang mencari keahlian tersebut di atas untuk bekerja di perusahaan mereka.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.