Jangan Sampai Terlambat Menangani, Inilah Gejala Jika Terinfeksi Hantavirus

0
186

Munculnya wabah Covid-19 membuat seluruh dunia terguncang. Belum selesai masalah tersebut, malah muncul virus baru, yaitu hantavirus. Dikabarkan sudah ada 1 korban warga China yang meninggal karena serangan virus ini. Sontak, masyarakat dunia pun bertambah panik karena muncul ancaman baru. Lalu, bagaimana sebenarnya gejala seseorang yang terinfeksi hantavirus? Perhatikan berikut ini.

Gejala Terinfeksi Hantavirus

1. Merasakan nyeri pada beberapa bagian tubuh

Gejala yang pertama jika seseorang terinfeksi hantavirus adalah merasakan nyeri pada beberapa bagian tubuh seperti paha, punggung, pinggul, dan bahu. Selain nyeri, pada beberapa otot juga akan merasakan kram. Hal ini dikarenakan pada otot tersebut sedang terjadi peradangan karena terinfeksi oleh hantavirus.

Biasanya, ketika seseorang mengeluhkan hal ini ke dokter, sembari menunggu hasil pengujian infeksi hantavirus pasien hanya akan diberi pengobatan yang bersifat simptomptik. Pengobatan ini diberikan berdasarkan gejala yang dirasakan dan berusaha untuk menekannya.

2. Mengalami demam

Selain merasakan nyeri di beberapa bagian tubuh, seseorang yang terinfeksi hantavirus juga akan mengalami demam. Demam yang dialami ini memiliki sedikit kesamaan dengan demam pada kasus demam berdarah. Suhu tubuh akan berada di atas suhu normal, sekitar 37,4 derajat celcius. Pada beberapa kasus, penderita juga akan mengalami bercak-bercak merah di beberapa permukaan kulit.

3. Sakit kepala

Gejala berikutnya adalah sakit kepala. Seperti demam, sakit kepala juga baru akan terasa ketika memasuki masa 1 minggu setelah terjadi kontak dengan benda atau binatang pembawa hantavirus. Sakit kepala ini biasanya akan diikuti dengan berbagai gangguan kesehatan lainnya seperti penglihatan agak kabur, leher terasa agak kaku, kejang, dan masalah dalam berbicara.

4. Kelelahan

Kelelahan merupakan ciri yang paling umum pada penderita hantavirus. Rasa lelah ini bahkan muncul walaupun penderita tidak melakukan aktivitas berat apapun. Otot pada tubuh akan terasa tegang dan fungsi otak akan menurun dari biasanya. Pada kondisi ini, penderita akan merasakan lemas dan ingin terus berbaring saja.

5. Mengalami gangguan saat buang air kecil

Ketika merasakan gejala ini, tandanya virus sudah mulai menginfeksi organ ginjal. Ginjal merupakan salah satu organ yang paling penting dalam proses detoksifikasi sebelum memasuki pembuangan terakhir dalam bentuk urine. Saat ginjal terganggu, maka akan muncul gangguan pada proses buang air kecil berupa tidak stabilnya intensitas buang air kecil yang terjadi.

6. Sesak napas

Ketika virus sudah menginfeksi lebih jauh, penderita akan mengalami sesak napas. Pada bagian dada akan terasa seperti ditekan dan berat untuk bernapas. Hal ini mengindikasikan bahwa organ paru-paru dan organ pernapasan sekitarnya telah mulai terinfeksi. Jika seseorang sudah mengalami fase ini, dia harus segera mendapatkan penanganan medis karena sudah mulai berbahaya.

Itulah tadi gejala-gejala yang akan dialami oleh seseorang yang terinfeksi hantavirus. Jika mulai merasakan gejala-gejala tersebut setelah melakukan aktivitas yang mungkin menjadi penyebab terinfeksi hantavirus, segera pergi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Pemeriksaan ini berguna untuk mendeteksi apakah gejala tersebut merupakan gejala biasa atau sudah terinfeksi hantavirus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here