Ingin Tetap Sehat Sampai Tua, Lakukan Olahraga Mulai Sekarang!

Seiring pertambahan usia yang semakin menua, orang akan mengalami masalah degeneratif. Salah satu hal yang sering dikeluhkan para lansia adalah kepadatan tulang yang mulai berkurang. Orang yang berusia lanjut acap mengeluhkan sakit pada persendian, tidak mampu beraktivitas fisik yang berlebihan, bahkan mudah mengalami patah tulang saat terjatuh atau cedera. Osteoporosis sering disebut pula sebagai tulang keropos atau pengapuran tulang. Sebenarnya, apa itu tulang keropos yang bisa mempengaruhi aktivitas harian Anda?

Read More

Kiat Mencegah Tulang Keropos dengan Aktif Berolahraga

Apa itu tulang keropos yang bisa terjadi pada anak-anak hingga orang dewasa? Ternyata kondisi tulang keropos merupakan penurunan kepadatan tulang yang bisa menyebabkan seseorang alami masalah tulang, misalnya mudah patah tulang, sering menderita nyeri punggung. Meski sudah mencegah osteoporosis seiring usia, Anda bisa mengendalikan risiko dengan aktif berolahraga, rajin konsumsi makanan kaya kalsium, tidak merokok, dan aktif hidup sehat mulai sekarang.

Supaya Anda punya kepadatan tulang yang terus terjaga, pastikan melakukan aktivitas olahraga sejak muda. Tidak ada kata terlambat untuk Anda yang sudah dewasa atau memasuki usia 30-40an. Berikut rekomendasi jenis olahraga yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi risiko osteoporosis yaitu :

1. Jogging

Bila Anda tipe orang yang sibuk di kantor, maka luangkan waktu Anda untuk melakukan jogging minimal 1-2 kali seminggu. Aktivitas jogging di sekitar rumah saja bisa memberikan manfaat bagi kesehatan mulai melatih pernapasan, melatih otot paha, betis, kaki, memberikan efek psikologis saat menghirup udara pagi, dan bisa meningkatkan kepadatan tulang.

2. Yoga

Anda yang sudah berusia paruh baya, bisa mencoba melakukan yoga atau meditasi di rumah. Namun, pemula wajib didampingi pelatih untuk menghindari risiko cedera. Yoga bisa membuat Anda lebih rileks, tenang dan bisa meningkatkan kebugaran fisik lebih baik. Ingin bebas dari risiko tulang keropos atau nyeri punggung, maka cobalah melakukan yoga.

3. Jalan kaki

Tidak punya waktu untuk olahraga bukan alasan tidak melakukan aktivitas fisik sehari-hari. Anda bisa memilih kegiatan yang bisa membuat kepadatan tulang terjaga seperti jalan kaki.

Cobalah untuk berjalan kaki dari rumah ke toko kelontong atau kantor, melatih kekuatan kaki dan meningkatkan kebugaran tubuh dengan memilih tangga daripada lift sesekali dan masih banyak aktivitas fisik yang bisa mendukung tubuh Anda tetap bergerak. Apalagi Anda yang bekerja terlalu lama duduk di depan layar, maka lakukan aktivitas sederhana yang bermanfaat ini.

4. Bersepeda

Ajak anak atau teman baik Anda untuk bersepeda keliling kota pada hari libur. Akhir pekan bisa menjadi waktu yang cocok untuk menenangkan diri sekaligus meningkatkan kebugaran tubuh dengan bersepeda. Jenis olahraga yang ringan dan tidak membutuhkan keahlian tertentu, kenapa tidak?

5. Senam aerobik

Bagi wanita yang suka aktivitas berkelompok, maka cobalah ikut senam aerobik. Kondisi menopause bisa menyebabkan Anda mengalami osteoporosis lebih cepat sebab ketidakseimbangan hormon estrogen. Senam aerobik tidak hanya meningkatkan kepadatan tulang belakang, tetapi bisa menjaga kesehatan jantung, melatih pernapasan lebih baik, dan lain-lain.

Yuk, pilih jenis olahraga yang bisa meningkatkan kepadatan tulang Anda seiring perkembangan usia yang semakin tua! Apa itu tulang keropos harus menjadi pertanyaan penting yang Anda pelajari guna mencegah risiko osteoporosis yang bisa dikendalikan, kecuali faktor genetik, usia, atau kondisi fisik tertentu. Selama Anda bisa menjaga kepadatan tulang dengan gaya hidup sehat dan konsumsi makanan yang tinggi kalsium, maka sayangi diri Anda untuk masa tua yang lebih sehat.

 

Sumber

https://hellosehat.com/kebugaran/olahraga-untuk-kepadatan-tulang/

Related posts