Honda HRV, Mobil 5 Seater yang Cocok untuk Keluarga

honda-hrv-mobil-5-seater-yang-cocok-untuk-keluarga
Foto : www.honda-indonesia.com

Honda HRV bekas akan menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin memiliki mobil, tapi tidak memiliki kesanggupan membeli baru. Lagi pula, mobil bekas pun tetap dapat digunakan dengan baik asalkan Anda memilih dengan tepat. Dalam hal ini, hal yang penting dilakukan adalah mengetahui cara memilih mobil bekas dengan tepat.

Namun, sebelum memutuskan untuk membeli mobil Honda HRV baik baru atau bekas, Anda harus tahu dahulu apa saja kelebihan dari mobil dengan lima tempat duduk ini sehingga bisa memutuskan akan membeli atau tidak. Kali ini ada informasi mengenai spesifikasi Honda HRV berikut tips membeli mobil bekas.

Read More

Spesifikasi Honda HR

Ketika ingin membeli sebuah tipe mobil memang harus tahu dahulu apa saja kekurangan dan kelebihan yang dimiliki mobil tersebut. Untuk Honda HRV yang dipasarkan dengan harga mulai dari Rp297 hingga Rp415 juta memiliki beberapa kelebihan. Mulai dari mesin berkapasitas 1.5-1.8L dan tenaga 120-139PS hingga interiornya yang gagah.

Tipe mobil SUV ini dapat memuat 5 orang dengan tipe penggerak FWD memiliki banyak kelebihan dalam hal fitur-fitur canggih di dalamnya sehingga sangat cocok untuk dimiliki para keluarga di wilayah perkotaan. Selain itu, desain eksteriornya makin gagah dan sporty. Dilengkapi juga dengan fitur keselamatan, konektivitas lengkap, dan hiburan.

Menawarkan 2 pilihan mesin dan transisi berkapasitas 1799 cc serta tersedia dalam 10 varian. Dengan panjang 4294 mm dan lebar 1772 mm, mobil satu ini juga dilengkapi wheelbase 2610 mm.

Tips Membeli Honda HRV Beka

Bagi sebagian orang membeli mobil baru menjadi opsi yang tidak memungkinkan karena harganya terlalu tinggi. Selain itu, apabila mengambil kredit juga akan memberatkan sehingga dipilihlah opsi membeli mobil bekas. Apabila Anda juga ingin membeli Honda HRV berstatus second, tapi ingin mendapatkan yang berkualitas, berikut beberapa tipsnya:

1. Pastikan Mobil Memiliki Catatan Servis Lengka

Hal pertama yang Anda tanyakan adalah apakah mobil yang dibeli memiliki catatan mengenai servis kendaraan tersebut. Karena dari catatan dapat dilihat bagaimana pemilik sebelumnya merawat mobil tersebut. Mobil yang dirawat dengan baik akan memiliki kondisi dan performa yang bagus.

Usahakan memilih mobil yang selalu diservis di bengkel resmi, sebab dengan demikian Anda bisa memastikan keaslian odometer mobil tersebut.

2. Waspadai Mobil yang Dijual Terlalu Mura

Terkadang, ketika menemukan mobil incaran dijual dengan harga sangat murah orang menjadi gelap mata dan ingin segera menutup transaksi karena takut mobil incaran diambil orang. Padahal ketika menemukan mobil bekas dengan harga yang sangat murah, Anda patut waspada.

Kemungkinan mobil yang ditawarkan pernah terlibat kecelakaan atau terkena banjir. Selain itu, cara ini juga dilakukan oleh penjual agar pembeli datang ke tempat mereka sehingga bisa ditawarkan mobil lain.

3. Periksa Interior dan Aksesoris Mobi

Mengecek bagian interior mobil merupakan hal penting. Anda harus mengecek apakah AC berjalan dengan baik, begitu pula dengan sistem audio juga switch lampu. Fitur keselamatan juga harus dicoba, seperti sabuk pengaman. Apalagi Honda HRV dikenal sebagai mobil dengan fitur keselamatan yang baik.

Selanjutnya, cek interior dengan menduduki jok baik depan maupun belakang, tes apakah masih nyaman. Periksa kondisi karpet, plafon, dan dashboard. Satu catatan kecil, apabila tercium bau apek bisa jadi mobil tersebut pernah kena banjir.

4. Cek Bodi Mobi

Perhatikan apakah kondisi cat mobil belang atau tidak, sebab cat belang indikasi bahwa mobil pernah mengalami perbaikan yang tidak rapi. Cek bodi secara menyeluruh, perhatikan komponen seperti kap mobil, pintu, kaca, spion, apakah masih orisinil atau tidak.

Intinya, Anda harus memastikan rangka mobil masih dalam keadaan prima, tidak ada bekas perbaikan maupun tabrakan yang mungkin akan membuat mobil tidak awet dipakai bahkan bisa mencelakai penggunanya.

5. Pastikan Kondisi Mesi

Mobil yang Anda beli harus dicek mesinnya dengan cara menghidupkan mesin dan mendengarkan suara mesin. Pastikan suara mesin tetap halus dan tidak terjadi kebocoran. Mintalah test drive untuk menguji apakah performa mesin, rem, transmisi, dan kaki mobil masih dapat digunakan dengan baik.

6. Kelengkapan Dokume

Semua dokumen harus lengkap dan asli serta dalam keadaan aktif. STNK, BPKB, dan Faktur harus ada. Apabila mobil merupakan mobil built-up pastikan Form A mobil tersebut tersedia. Cocokkan pula nomor rangka dan mesin dengan keterangan di dalam dokumen.

Pastikan sebelum membeli mobil Anda mengetahui dahulu spesifikasinya, baik baru maupun bekas. Dengan demikian akan mengetahui apa saja keunggulan dan kekurangannya. Terutama ketika membeli Honda HRV bekas harus melakukan pengecekan menyeluruh agar mendapatkan mobil second kualitas terbaik.

 

Sumber:

  1. https://otospector.co.id/blog/tips-memilih-mobil-bekas-berkualitas
  2. https://www.autofun.co.id/mobil/honda/hrv
  3. https://www.oto.com/mobil-baru/honda/hr-v/spesifikasi

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *