Agar Tidak Gampang Rusak, Begini 4 Cara Merawat Kabel Charger iPhone 6 Plus

0
56

agar-tidak-gampang-rusak-begini-4-cara-merawat-kabel-charger-iphone-6-plus

Ketika Anda membeli iPhone 6 Plus, jangan hanya perangkat smartphone-nya yang Anda jaga. Perangkat pendukungnya pun juga perlu Anda jaga dengan baik, terutama charger. Kenapa? Tanpa charger, baterai smartphone tidak dapat diisi ulang. Akibatnya, Anda tidak bisa menggunakan smartphone Anda karena tidak ada daya yang tersedia.

Alasan lainnya kenapa Anda perlu merawat charger bawaan iPhone dengan baik karena charger original dari iPhone harganya tergolong mahal. Jika Anda menemukan charger iPhone dengan harga yang sangat murah, bisa dipastikan itu adalah charger palsu atau tiruan. Anda sangat disarankan untuk membeli charger yang palsu karena bisa berakibat buruk pada perangkat smartphone Anda.

Daripada harus mengeluarkan uang lebih untuk membeli charger baru yang ori, lebih baik Anda merawat charger bawaan ponsel dengan baik. Anda hanya perlu sedikit usaha namun dilakukan secara rutin untuk membuat charger iPhone 6 Plus yang Anda miliki awet dan bisa bertahan lama. Jadi, Anda tidak perlu membeli charger yang baru.

Merawat Kabel Charger iPhone

Nah, bagaimana cara merawat charger iPhone agar tidak gampang rusak? Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti.

1. Gunakan charger dengan hati-hati

Yang pertama, gunakan charger dengan hati-hati. Perlakukan charger dengan lembut seakan ini adalah perangkat yang rapuh. Jangan sembarangan dalam menggunakannya. Colokkan kabel dengan hati-hati. Begitu juga ketika Anda mencabutnya.

Salah satu kerusakan yang sering terjadi pada kabel charger ada pada bagian sambungan kabel dengan smartphone. Hal ini disebabkan oleh cara mencabut kabel dengan kasar dan terburu-buru. Akibatnya, kabel jadi gampang rusak. Jika Anda ingin membuatnya awet dan tahan lama, gunakan charger dengan hati-hati.

2. Gulung kabel charger dengan benar

Yang kedua, gulung kabel dengan benar. Bagaimana cara Anda menggulung kabel charger? Untuk menjaganya tetap awet, kabel charger hanya boleh digulung dengan sudut 45-60 derajat. Jangan lebih dari itu karena akan membuat kabel tertekan dan komponen di dalamnya rusak.

Ingat ya, Anda hanya boleh menggulung kabel charger. Jangan menyimpannya dalam kondisi ruwet apalagi coba-coba untuk melipatnya. 

3. Lindungi kabel charger

Yang ketiga, lindungi kabel charger iPhone 6 Plus milik Anda. Anda bisa menggunakan cara berikut untuk melindungi kabel charger :  

Dengan menggunakan pear bekas pulpen

Jika Anda memiliki pulpen yang sudah tidak terpakai, keluarkan pear yang ada di dalamnya. Gunakan pear bekas pulpen tersebut untuk melindungi bagian kabel yang dekat dengan colokan atau sambungan ke ponsel. 

Dengan menggunakan cable protector

Anda juga bisa menggunakan cable protector. Kabel pelindung ini memiliki warna-warna menarik yang akan membuat charger Anda semakin berwarna. Harganya pun sangat murah. Beli beberapa buah kabel pelindung sekaligus dan pasangkan di sepanjang kabel charger untuk melindunginya. 

Dengan menggunakan benang wol

Jika Anda suka merajut dan punya sisa benang wol yang tidak terpakai, Anda bisa menggunakan benang ini untuk melindungi bagian luar kabel charger. Caranya mudah, Anda hanya perlu melilitkannya di sepanjang kabel untuk melindunginya.

4. Cabut charger jika tidak digunakan

Yang keempat, cabut charger jika sudah tidak digunakan. Hal ini jauh lebih baik daripada membiarkan charger tetap tersambung di stop kontak. Selain lebih menghemat listrik, mencabut charger ketika sudah digunakan mencegah risiko kabel terbakar.

Nah, itulah 4 cara merawat kabel charger iPhone 6 Plus. Daripada beli yang baru, lebih baik merawat yang sudah ada sehingga Anda bisa berhemat dan bisa menggunakan uangnya untuk keperluan yang lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here