7 Pilihan Pengobatan untuk Penderita Osteoarthritis Lansia

Radang sendi atau osteoarthritis acap menyerang lansia karena faktor degeneratif. Tentu masalah degeneratif sendi tulang rawan mengakibatkan rasa sakit saat bergerak atau beraktivitas harian. Segera lakukan pengobatan osteoarthritis di rumah untuk mengurangi nyeri sendi yang lansia alami sehari-hari. Lansia pun akan mengeluhkan nyeri sendi bila terlalu lama beraktivitas, sendi kaku bila kurang bergerak, terjadi pembengkakan disertai rasa panas.

Kiat Mengatasi Osteoarthritis Pada Lansia

Bila Anda merawat lansia di rumah yang alami radang sendi, coba langkah pengobatan osteoarthritis berikut :

Read More

1. Terapi panas

Gunakan handuk untuk melapisi wadah air panas yang bisa ditempelkan di bagian sendi yang terasa sakit.

2. Terapi dingin

Selain terapi panas, Anda juga bisa menggunakan terapi dingin untuk menyembuhkan rasa sakit di sendi. Masukkan es batu ke dalam kantung, lalu balut dengan handuk lembut dan mulai tempelkan atau kompres di bagian yang terasa sakit atau bengkak.

3. Terapi kombinasi

Anda bisa meringankan rasa sakit pada radang sendi dengan terapi kombinasi yaitu terapi panas dan terapi dingin.

4. Aktif bergerak

Bila bergerak terlalu berlebihan bisa membuat nyeri sendi semakin terasa, tetapi tidak bergerak sama sekali akan membuat radang sendi yang lansia alami semakin parah. Oleh sebab itu, Anda bisa mengajak lansia untuk berjalan-jalan di sekitar rumah atau tetap aktif bergerak setiap hari.

5. Melakukan pijatan

Anda bisa melakukan terapi lebih dulu pada bagian sendi yang sakit sebelum melakukan pemijatan lembut. Pemijatan yang lembut bisa membuat kualitas tidur lansia lebih baik dan nyaman.

6. Menurunkan berat badan

Pada lansia dengan kasus berat badan berlebihan, maka osteoarthritis yang parah sering terjadi. Hal ini dikarenakan beban yang berat pada area persendian membuat radang sendi semakin terasa sakit. Demi mengurangi efek radang sendi tersebut, ada baiknya lansia tetap melakukan program diet sehat agar berat badan tetap ideal. Toh, obesitas pada lansia bisa menyebabkan risiko komplikasi kesehatan yang perlu diwaspadai.

7. Konsumsi omega 3

Jenis makanan laut yang kaya omega 3 seperti ikan salmon, ikan tuna, ikan herring, dan suplemen omega 3 wajib masuk dalam menu makanan harian lansia. Kandungan pada omega 3 ampuh mengurangi masalah nyeri akibat radang sendi pada lansia, lho!

Dari beberapa cara sederhana di atas, Anda bisa mencoba menerapkannya untuk mengurangi rasa nyeri akibat radang sendi. Bila aktif mengkonsumsi suplemen omega 3, sebaiknya tetap konsultasi dengan dokter demi mendapatkan hasil yang lebih optimal sesuai tingkat kesehatan lansia terkait.

Agar radang nyeri tidak lagi mengganggu, Anda bisa memilih operasi lutut yang bisa membantu kenyamanan lansia dalam aktivitas. Tinggal pilih jenis penggantian lutut parsial atau sebagian sendi yang sudah rusak atau operasi keseluruhan menggantikan semua sendi. Pastikan Anda memilih dokter dan klinik terbaik untuk melakukan pengobatan osteoarthritis yang terjamin ini, ya!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.