7 Cara Memilih Rumah Kontrakan untuk Keluarga yang Tepat

Oleh sebab itu, Anda harus memiliki rumah yang mendukung kenyamanan tinggal seluruh anggota keluarga. Jika Anda belum punya kesempatan memiliki rumah sendiri pun, wajib mempertimbangkan sewa rumah Jagakarsa yang sesuai dengan kebutuhan hunian di era modern.

Read More

Kiat penting dalam memilih sewa rumah Jagakarsa yang berkualitas

Memilih rumah kontrakan tidak boleh sembarangan meski Anda mungkin hanya tinggal sementara waktu saja. Supaya Anda tidak salah pilih hunian yang tepat, simak beberapa kiat penting dalam memilih sewa rumah Jagakarsa berikut :

1. Menyesuaikan dengan lokasi

Lokasi yang dimaksud merupakan lokasi rumah yang dekat dengan area publik atau dekat dengan tempat kerja Anda. Selain diri sendiri, Anda juga harus memastikan lokasi rumah tidak terlalu jauh dari sekolah si kecil. Bila memiliki jarak tertentu, pastikan ada akses kemudahan transportasi dari rumah ke lokasi kantor, sekolah dan fasilitas umum lainnya.

2. Melakukan riset tentang harga sewa kontrakan

Jika Anda berencana mengambil rumah kontrakan di daerah Jagakarsa atau Jakarta Selatan lain, sebaiknya lakukan riset lebih dulu untuk mengetahui harga sewa bulanan hingga tahunan rumah tersebut. Cek lebih dulu bahwa rumah yang dikontrakkan memiliki fasilitas yang memadai dan sebanding dengan harga sewa yang ditetapkan, ya!

Demi mengurangi pengeluaran yang lebih besar, sebaiknya pilih rumah kontrakan yang memiliki fasilitas standar atau tidak terlalu mewah. Rumah mewah jelas menawarkan harga sewa yang cukup tinggi sehingga bisa membuat biaya sewa membengkak dua kali lipat. Jika Anda membawa jumlah anggota keluarga lebih banyak, maka pastikan rumah memiliki kamar yang mencukupi kebutuhan tinggal tersebut.

3. Mencari referensi di situs jual beli rumah

Anda bisa menggunakan kecanggihan teknologi untuk membeli atau menyewa sebuah rumah dewasa ini. Tinggal klik dari gawai Anda, maka akan muncul referensi situs jual beli rumah yang menampilkan informasi ribuan daftar hunian, kontrakan, ruko, apartemen, dan bangunan lain.

Namun, pastikan Anda memilih jasa jual beli rumah atau sewa yang terpercaya melalui internet sekarang ini. Pilih penawaran yang paling sesuai dari segi kondisi hunian, lokasi, fasilitas, dan harga sewa yang dipatok bulanan atau tahunan.

4. Hubungi pihak pemberi sewa dan lakukan kesepakatan survey langsung

Setelah menemukan rumah yang paling relevan dengan kebutuhan keluarga Anda, maka hubungi kontak yang tersedia untuk menentukan kesepakatan. Anda bisa melakukan kesepakatan untuk kunjungan langsung agar bisa tahu kondisi rumah secara keseluruhan. Melakukan survey langsung bisa membuat Anda lebih yakin bahwa kondisi rumah sesuai dengan penawaran yang diberikan lewat situs jual beli rumah.

5. Mengecek kondisi lingkungan

Jangan lupa untuk mengecek kondisi lingkungan sekitar rumah, misalnya dari segi keamanan lingkungan, kenyamanan tempat tinggal dan lain-lain. Lingkungan yang kondusif bisa mendukung kenyamanan Anda dan keluarga selama tinggal sementara di tempat tersebut. Tidak hanya keamanan saja, pastikan lingkungan rumah tidak rawan mengalami bencana alam seperti banjir yang acap mendera Jakarta, ya!

6. Memilih durasi singkat

Ada berbagai penawaran sewa rumah kontrakan dengan durasi yang bervariasi mulai bulanan hingga tahunan. Pastikan Anda memilih durasi singkat bila ada kemungkinan pindah ke daerah lain bila Anda terikat pekerjaan dinas. Bila Anda memang ingin menetap dalam waktu lama, tidak terikat pekerjaan yang mengharuskan pindah atau anak mengambil sekolah/kuliah di dekat rumah, maka boleh mengambil sewa kontrakan dalam waktu lebih lama.

7. Perhatikan perjanjian sewa rumah kontrakan

Konsultasi dengan teman atau belajar dari pengalaman orang lain merupakan guru terbaik sehingga Anda tidak boleh asal menandatangani kontrak perjanjian. Baca secara pelan dan berulang surat perjanjian sewa agar tidak ada poin kesepakatan yang merugikan Anda sebagai pihak penyewa rumah kontrakan tersebut.

Jika Anda memang perlu melakukan renovasi, maka bicarakan dengan pemilik rumah baik-baik. Biaya renovasi yang besar tidak sebanding dengan durasi sewa Anda, maka Anda perlu mengeluarkan uang lebih banyak meski kenyamanan tinggal di rumah sewa sangat utama. Terkait pembayaran uang muka, pembayaran penuh dan lain-lain, Anda harus menyesuaikan dengan anggaran yang tersedia.

Bila punya kemampuan negosiasi, maka lakukan komunikasi dengan pemilik rumah agar Anda mendapatkan potongan harga tertentu. Biaya sewa bulanan juga harus disesuaikan dengan pengeluaran Anda yang lain atau usahakan biaya sewa tidak lebih dari 30 persen dari total gaji Anda. Rencana keuangan yang matang bisa mendukung Anda menemukan rumah yang cocok dari segi fasilitas sekaligus harga sewa bulanannya.

Sebaiknya Anda harus mengingat bahwa rumah kontrakan berbeda dengan rumah idaman keluarga. Jangan meninggikan gengsi dengan menyewa rumah mewah tanpa memperhatikan kemampuan finansial. Bukankah tujuan Anda adalah memiliki hunian idaman yang bisa menjadi tempat tinggal sekaligus investasi properti masa kini? Jadi, pilih rumah sewa yang standar dengan biaya sewa yang tidak mencekik leher agar punya tabungan untuk membeli rumah impian.

Yuk, segera cari rumah kontrakan yang sesuai dengan kebutuhan keluarga Anda, misalnya rumah minimalis untuk keluarga kecil hingga rumah dua tingkat untuk keluarga lebih besar! Buat Anda yang masih belum menemukan rumah sewa yang nyaman, sebaiknya kunjungi situs https://www.rumah.com/rumah-disewa/di-area-jagakarsa-idjk03017 untuk mendapatkan hunian yang paling sesuai dengan kantong keluarga. Dijamin Anda bisa mendapatkan sewa rumah Jagakarsa yang nyaman tanpa menguras keuangan di daerah Jakarta Selatan sekarang juga!

 

Sumber

https://www.99.co/id/panduan/memilih-rumah-kontrakan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *