4 Tips Mudah Menjaga Sendi Lutut agar Sehat Sampai Lansia

sendi lutut,pengapuran tulang,lutut sakit,nyeri lutut,lutut sakit saat ditekuk

Meskipun punya peran besar untuk menopang tubuh, kondisi sendi lutut sayangnya sering terabaikan. Padahal, masalah pada lutut bahkan bisa memicu kondisi serius di mana tindakan bedah oleh dokter perlu segera dilakukan. Untuk mendapatkan tindakan terbaik, maka Anda harus memilih klinik operasi lutut Jakarta yang terbaik, yang tentunya dengan biaya yang tidak kecil.

Read More

Untungnya, menjaga kesehatan sendi lutut sebenarnya tidak sulit dilakukan. Dan berikut ini adalah 4 tips yang dapat Anda lakukan agar kondisi sendi lutut selalu terjaga bahkan sampai Anda tua nanti. Apa saja ya tipsnya?

Jaga Berat Badan di Kisaran Normal

Pada tempurung lutut, terdapat tulang rawan serta meniscus yang punya fungsi mirip seperti shock breaker pada mobil. Dan fungsi keduanya ternyata sangat dipengaruhi oleh berat badan: makin bertambah berat badan, tulang rawan akan semakin tipis. Makanya orang yang obesitas lebih berisiko mengalami osteoarthritis lebih cepat. Oleh karena itu, jaga berat badan Anda pada range berat badan ideal sesuai anjuran dokter untuk menjaga lutut, terutama jika Anda memang kelebihan berat badan.

Pilih Aktivitas Fisik yang Tepat

Secara garis besar, berolahraga bisa bantu tubuh sehat dan bugar. Dan aktivitas fisik ini juga berdampak positif bagi lutut. Hanya saja, perhatikan postur dan gerakan Anda selama berolahraga untuk menghindari risiko membebani lutut. Contoh postur maupun gerakan yang justru malah menambah beban untuk lutut adalah menekuk lutut terlalu dalam ketika bersepeda, atau posisi lutut yang lebih maju dari ibu jari saat melakukan gerakan lunges atau squat.

Kenakan Alas Kaki yang Ramah Lutut

Bagi wanita, memakai high heels atau sepatu berhak tinggi memang bisa menambah kepercayaan diri. Akan tetapi, ternyata kebiasaan ini juga menambah tekanan pada lutut, dan besar tekanan ikut bertambah seiring dengan makin tingginya haka tau heels. Dilansir dari Femina.co.id, tinggi hak sepatu yang masih aman untuk lutut adalah 1-4 cm. Untuk menghindarinya, batasi frekuensi pemakaian high heels, atau kenakan sepatu dengan model platform yang bagian depan dan belakang sama tingginya.

Segera Lakukan Tindakan Perawatan yang Tepat

Sampai sekarang, masyarakat biasanya akan langsung pergi berobat ke tukang urut atau dukun patah tulang ketika mengalami masalah atau cedera pada lutut. Padahal, penanganan yang tepat dengan mengunjungi dokter bisa meminimalkan risiko masalah serius pada lutut.

Apabila Anda merasa ada yang tak nyaman atau bahkan cedera di lutut, segera lakukan tindakan R.I.C.E, alias rest, ice, compress, dan elevate. Apabila tidak ada perubahan setelah 24 jam, segera temui dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.

Itu tadi 4 tips menjaga kesehatan lutut yang dapat Anda lakukan dan terapkan mulai dari sekarang juga. Semoga dengan keempat langkah sederhana tadi, Anda bisa terus jaga lutut Anda, ya!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.